Selain Berbagai Rumah Sakit Banyumas, Pemkab Lakukan Vaksin Massal

Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam melaksanakan program vaksinasi covid-19 nasional ini menyiapkan 59 fasilitas kesehatan di Banyumas dengan rincian 40 puskesmas, 16 rumah sakit Banyumas dan 3 klinik dari pihak swasta. Sebagaimana diberitakan rri.co.id kriteria pemilhan fasilitas kesehatan untuk program vaksin harus memiliki tempat vaksinasi yang sesuai kriteria seperti memiliki tenaga kesehatan memadai, harus memiliki alat rantai dingin (cold chain) untuk vaksin berfungsi baik, serta harus ada izin operasional. 

Sedangkan, Fasilitas kesehatan yang berada di Kabupaten Banyumas berdasarkan data terakhir  dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas pada 2015 terdapat 22 Rumah Sakit, dan 39 Puskesmas. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas Sadiyanto mengungkapkan kepada smol.id pelaksanaan vaksinasi covid-19  pada 8 Maret 2021 telah menjangkau 16.773 orang dari total sasaran 1.176.518 orang. Kemudian, Sadiyanto mengatakan 16.773 orang itu berdasarkan pelaksanaan vaksinasi hingga akhir pecan pertama bulan maret 2021 atau sejak tahap satu hingga tahap dua termin pertama. Hingga tahap kedua, Kabupaten Banyumas telah mendapatkan alokasi vaksin untuk 20.575 sasaran, namun yang belum terdistribusi untuk 3.802 sasaran. 

Selain itu, pemerintah Kabupaten Banyumas menyiapkan aplikasi khusus bagi warga Banyumas Raya di luar wilayah Kabupaten Banyumas yang ingin mengikuti vaksinasi massal di GOR Satria Purwokerto. Aplikasi ini disediakan agar warga di luar wilayah Kabupaten Banyumas  bisa mendaftar secara online. Aplikasi tersebut bernama Vaberaya yang bisa diunduh melalui playstore. Selain aplikasi di playstore, Bupati juga menyatakan, warga bisa mendaftar melalui yang disediakan di laman banyumaskab.go.id. Alamat lengkapnya di http:vaberaya.banyumaskab.go.id.

Kementerian BUMN melakukan percepatan vaksinasi Covid 19 di wilayah Banyumas Raya. Program percepatan vaksinasi ini dilakukan dengan membuka posko vaksinasi massal di GOR Satria Kota Purwokerto selama dua bulan. Melalui program ini, pemberian vaksin diharapkan bisa mencapai 2.000 orang per hari.

Bupati Achmad Husein juga menyebutkan, program percepatan vaksinasi ini diprioritaskan bagi kalangan lansia dari masyarakat umum yang berusia di atas 60 tahun, dan lansia usia 50 tahun ke atas yang bekerja di sektor layanan publik.

Sebelumnya skema dengan pemberian vaksin dilakukan dengan cara penjemputan melalui rumah sakit banyumas atau fasilitas kesehatan lainnya namun pada 31 Maret 2021, Pemkab Banyumas juga melakukan program  vaksinasi dilakukan terhadap lansia di atas 60 tahun yang datang langsung ke GOR Satria tanpa penjemputan. 

Berdasarkan berita dari kbr.id vaksinasi di Banyumas sempat terganggu lantaran stok vaksin jumlah kiriman dari Jakarta terbatas. Karenanya, target harian vaksinasi massal lansia yang merupakan kerja sama Pemkab Banyumas dan Kementerian BUMN itu terpaksa diturunkan. 

Direncanakan semula, sebanyak 2.000 prang per hari. Tetapi karena stok vaksin tersebut tidak mencukupi, sehingga berubah menjadi hanya 500 orang per hari. Di GOR hanya akan melayani yang datang langsung, tanpa penjemputan. Untuk hanya lansia berumur di atas 60 tahun, dengan membawa KTP Banyumas.

Namun, pada 4 April 2021 Sebagaimana diberitakan mediaindonesia.com Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa ada tambahan jumlah vaksin dalam vaksinasi massal yang diselenggarakan di GOR Satria. Vaksinasi di GOR tersebut diperuntukkan bagi lansia yang ada di Banyumas. vaksin menjadi 1.000 dosis dalam sehari, dari sebelumnya 750 dosis

Adanya tambahan dosis vaksin, maka Pemkab Banyumas mulai melalukan penjemputan terhadap warga lansia. Untuk sementara, penjemputan dilakukan di wilayah sekitar Kota Purwokerto.

Selain pemberian vaksin terhadap lansia, Pemkab Banyumas juga sudah melakukan pemberian vaksin kepada pelayan publik seperti Bupati Achmad Husein juga menyebutkan, program percepatan vaksinasi ini diprioritaskan bagi kalangan lansia dari masyarakat umum yang berusia di atas 60 tahun, dan lansia usia 50 tahun ke atas yang bekerja di sektor layanan publik. Selain itu, pelayan kesehatan juga telah dilakukan vaksinasi Covid-19 di sebanyak 59 fasilitas kesehatan puskesmas, rumah sakit banyumas, dan klinik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *