Penting, Ini Tips Memilih Body Lotion yang Bagus

Memakai body lotion pada dasarnya menjaga agar kulit Anda senantiasa lembap dan terhindar dari risiko kering maupun peradangan. Kulit yang lembap sendiri mampu membuat Anda terhindar dari tanda-tanda penuaan kulit dini maupun masalah kulit lainnya, seperti garis-garis halus, jerawat, maupun keriput. 

Namun tentunya, untuk mendapatkan beragam manfaat tersebut, Anda harus memakai body lotion yang bagus. Dalam hal ini, body lotion yang bagus tidak melulu harganya harus selalu mahal. Banyak juga body lotion dengan harga terjangkau yang menjanjikan hasil tidak kalah baik. 

Tentu ada beberapa trik yang mesti Anda lakukan untuk bisa memilih body lotion yang bagus. Jalankan beberapa tips di bawah ini dan Anda dapat memperoleh manfaat dari body lotion terbaik versi kulit Anda! 

Kenali Formula Pelembapnya 

Jangan malas untuk membaca. Guna bisa mendapatkan body lotion yang bagus, Anda tidak bisa asal mengambil produk di etalase supermarket ataupun melakukan check-out sembarangan produk di toko online. Sebaiknya, Anda kulik terlebih dahulu mengenai formula apa saja yang ada di body lotion yang hendak Anda beli. 

Perhatikan formula utama yang menjadi dasar pelembap body lotion tersebut. Pada umumnya, ada dua jenis utama pelembab tubuh, yaitu oklusif dan humektan. Oklusif memblokir air agar tidak menguap dari sel-sel kulit. Contohnya seperti petroleum jelly dan lanolin. Sementara itu, humektan menarik lebih banyak air ke permukaan kulit dari lapisan dalam. Contohnya adalah asam glikolat, asam laktat, dan urea. 

Sesuaikan dengan Jenis Kulit 

Body lotion yang bagus untuk orang lain belum tentu baik untuk Anda. Keampuhan manfaat body lotion sangat bergantung dengan jenis kulit Anda. Jika kulit Anda tergolong normal atau kombinasi, carilah body lotion berbahan dasar air yang megandung minyak ringan, seperti dengan kandungan lidah buaya atau minyak jojoba. Sementara jika kulit Anda kering, lebih baik menggunakan body lotion yang mengandung bahan dasar minyak bumi untuk memberi kelembapan ekstra, seperti dimethicone atau parafin. 

Sementara itu, body lotion yang bagus untuk kulit berminyak sebisa mungkin adlaah jenis pelembap yang bebas minyak. Biasakan pola mencari body lotion non comedogenic bagi kulit berminyak untuk menghindari penyumbatan pori-pori karena pemakaian produk. Lalu bagaimana dengan pemilik kulit sensitif? Sebaiknya Anda mencari body lotion yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan, seperti dari allantoin, chamomile atau lidah buaya. 

Perhatikan Reaksi Alergi 

Sebelum menjadi pemakai rutin dari suatu jenis body lotion, sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan pengecekan awal saat hendak membeli. Pengecekan ini bertujuan melihat ada tidaknya reaksi alergi dari pemakaian body lotion tersebut. 

Anda cukup mengoleskan sedikit body lotion incaran ke punggung tangan. Tunggu sekitar 15 menit dari waktu pemakaian. Jika muncul iritasi ataupun ruam kemerahan di area pemakaian, lebih baik Anda mencari body lotion lain sebab body lotion yang Anda coba memicu alergi. 

Hindari Bahan yang Mengiritasi Kulit 

Hindarilah body lotion dengan bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit. Pasalnya, iritasi yang terus-menerus dari pemakaian body lotion dapat merusak kolagen Anda dan membuat tanda penuaan kulit semakin cepat dan nyata. 

Biasanya, body lotion dengan kandungan pewangi tambahan cenderung lebih mudah mengiritasi kulit. Ini mungkin bukan body lotion yang bagus untuk dipakai sehari-hari. Body lotion dengan warna yang terlalu cerah dan mencolok sebaiknya juga dihindari karena dicurigai mengandung pewarna tambahan yang juga bisa memicu iritasi kulit. Perhatikan pula ada tidaknya pengawet lain yang berpotensi mengiritasi yang mungkin Anda lihat dalam daftar bahan, seperti termasuk asam sorbat, asam sitrat, benzil alkohol, dan paraben. Jika ada, jangan beli produknya!

Lebih baik lagi jika Anda mencari body lotion yang bagus untuk melembapkan sekaligus memiliki sifat sebagai tabir surya. Ini membuat Anda akan merasa lebih aman dari risiko paparan sinar ultraviolet ketika berkegiatan sepanjang hari di luar ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *