Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Minyak zaitun, yang dibuat dengan cara melakukan “pressing” dari buah zaitun untuk diambil minyaknya, datang dalam banyak bentuk dan memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah manfaat minyak zaitun untuk wajah. Banyak dari kita sering menggunakan minyak zaitun untuk meningkatkan citarasa makanan. Namun, akhir-akhir ini, banyak orang menggunakan minyak zaitun karena manfaatnya sebagai pelembap wajah. 

Merk minyak zaitun dapat melembapkan kulit kering

Klaim manfaat minyak zaitun untuk wajah ini bukan tanpa dasar yang kosong. Faktanya, sebuah studi menemukan bahwa ketika para peneliti mengoleskan minyak zaitun untuk kulit tikus yang terpapar oleh radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker, minyak zaitun tersebut dapat bekerja melawan sel-sel yang dapat menyebabkan kanker. Laju tumor juga secara signifikan lebih lambat pada tikus yang mendapatkan olesan minyak zaitun pada kulitnya. Adapun beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah di antaranya adalah:

  • Kaya kandungan vitamin

Minyak zaitun memiliki beberapa manfaat untuk kulit. Menurut Lembaga Zaitun Internasional, minyak zaitun memiliki banyak vitamin, termasuk vitamin A, D, dan K, sekaligus vitamin E. 

  • Memiliki sifat antioksidan

Minyak zaitun juga merupakan sebuah antioksidan, sehingga dapat membantu melawan atau mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker. Minyak zaitun memiliki konsentrasi bahan yang disebut squalene yang sangat tinggi, dibandingkan dengan jenis lemak dan minyak lain pada bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Squalane tersebut adalah zat dalam minyak zaitun yang dapat memberikan kekuatan antioksidan yang ekstra. 

  • Dapat melembapkan dan melawan bakteri

Jika Anda rentan terkena jerawat, menggunakan sabun yang dibuat dari minyak zaitun dapat membantu mengurangi jerawat dengan cara membunuh bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Minyak zaitun juga dikenal dapat melembapkan dan menghidrasi kulit Anda. 

Minyak zaitun sering digunakan sebagai bahan untuk perawatan produk pencuci muka. Ada pula produk-produk kosmetik yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan “base”-nya. Bahkan, Anda bisa menemukan minyak zaitun dalam produk seperti sabun, body wash, dan juga lotion. Sangat mungkin untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pelembap tanpa harus menambahkan bahan lain saat Anda mengoleskannya secara langsung pada kulit. Anda kemudian bisa membersihkan minyak berlebih menggunakan kain lembut atau handuk. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk wajah atau kulit tubuh lainnya setelah terpapar sinar matahari dan menderita luka bakar akibat panas matahari. 

Adakah risikonya?

Meskipun minyak zaitun dapat bermanfaat untuk tubuh dan kulit, studi lain menyatakan bahwa apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, terutama jenis kulit berminyak atau kondisi seperti dermatitis, penggunaan minyak zaitun untuk wajah dan kulit mungkin tidak dapat disarankan dan direkomendasikan. Bahkan satu studi menemukan bahwa minyak zaitun nyatanya dapat membuat kondisi kulit tertentu bertambah parah untuk orang dewasa, dan direkomendasikan bahwa para orang tua untuk menghindari penggunaan minyak zaitun pada bayi mereka. 

Apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, hindari menggunakan minyak zaitun untuk wajah dan kulit. Anda juga perlu melakukan tes alergi sebelum mengoleskannya pada wajah. Tes alergi bisa dilakukan dengan cara mengusapkan sedikit minyak zaitun pada lengan dan tunggu selama beberapa saat. Apabila Anda tidak menemukan adanya reaksi negatif apapun pada kulit setelah 24 hingga 48 jam, maka minyak zaitun aman digunakan untuk kulit Anda. Minyak zaitun adalah sebuah minyak yang berat dan tidak dapat diserap oleh kulit dengan mudah. Oleh sebab itu, bersihkan minyak zaitun berlebih menggunakan handuk atau kain guna mencegah penyumbatan pori-pori dan menangkap bakteri di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *