Beragam Manfaat Temulawak untuk Wajah Cerah Berkilau

Kebanyakan orang mengetahui manfaat temulawak untuk meningkatkan nafsu makan anak mengatasi masalah pencernaan, tapi ternyata tanaman herbal yang bernama latin Curcuma xanthorrhiza ini berkhasiat untuk wajah.

Temulawak sendiri merupakan tanaman obat yang hampir mirip dengan kunyit. Umumnya tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran rendah atau tinggi dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Manfaat temulawak untuk wajah dapat membantu menyamarkan bekas jerawat

Tanaman ini mengandung kurkumin, salah satu polifenol yang dapat memberikan nafsu makan pada anak. Selain itu, temulawak mengandung minyak atsiri yang mengandung berbagai senyawa organik serta protein, karbohidrat, dan berbagai kandungan mineral yang sangat baik untuk tubuh.

Lalu apa sajakah manfaat temulawak untuk wajah? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Membantu mengatasi jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah utama yang sering muncul pada wajah yang disebabkan oleh infeksi pada wajah. Bagi sebagian orang, peradangan di wajah ini cukup mengganggu, dan dapat menimbulkan rasa malu.

Untuk dapat menghilangkannya, Anda bisa memanfaatkan temulawak yang ternyata mempunyai sifat anti peradangan sehingga dapat menghentikan peradangan dan membuat jerawat di wajah kering dan menghilang.

Penghalus kulit wajah

Seperti halnya kunyit, temulawak juga dapat Anda jadikan sebagai penghalus kulit wajah. Caranya adalah dengan menggunakan masker dari tanaman herbal tersebut.  Hal ini tentunya akan membuat kulit wajah terlihat terawat dan dapat menyempurnakan make up yang Anda pakai.

Mencerahkan kulit wajah

Ini merupakan manfaat yang sering diinginkan oleh banyak orang ketika menggunakan temulawak untuk wajah. Wajah yang cerah tersebut dapat terwujud karena temulawak mempunyai khasiat yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah.

Sel-sel kulit mati yang menumpuk inilah yang menyebabkan kulit wajah menjadi kelam dan kusam Anda bisa menggunakan temulawak sebagai pencerah dengan cara melakukan eksfoliasi pada wajah secara rutin.

Menyamarkan noda hitam

Permasalahan wajah lainnya yang sering mengganggu penampilan adalah adanya tampilan noda hitam pada wajah. Noda hitam ini muncul akibat wajah Anda terpapar sinar matahari, terkena radikal bebas, bekas jerawat yang belum hilang, dan gejala penuaan.

Noda hitam ini jika dibiarkan dapat semakin banyak jumlahnya sehingga tidak bisa ditutupi. Karena itu, Anda perlu segera mengatasinya. Caranya adalah dengan menyamarkannya dengan menggunakan temulawak yang dijadikan sebagai masker.

Pelembap kulit

Wajah lembap adalah satu tampilan wajah yang diinginkan banyak orang karena enak dilihat daripada wajah kering. Wajah kering disebabkan oleh sering terpaparnya wajah oleh sinar matahari dan debu, dan biasanya sering menimpa mereka yang sering berada di luar. Anda bisa melembapkan wajah Anda secara alami menggunakan temulawak dalam bentuk masker yang dicampur dengan minyak zaitun dan kuning telur.

Meremajakan kulit

Setiap wanita tentunya ingin selalu terlihat tampil awet muda sehingga terus memesona. Namun tanpa disadari gejala penuaan sering bermunculan di wajah karena faktor umur dan kebiasaan gaya hidup. Hal ini tentu saja sangat meresahkan. Untuk mengatasinya tentunya perlu perawatan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun Anda tidak perlu pusing dengan hal tersebut sebab Anda bisa meremajakan kulit dengan mudah hanya dengan memakaikan masker temulawak di wajah. Diketahui temulawak mampu memberikan nutrisi yang cukup dan seimbang bagi wajah sehingga bisa meremajakan kulit, dan mampu membuat kulit wajah sehat dan segar.

Itulah beragam manfaat temulawak untuk wajah yang dapat Anda aplikasikan dengan mudah dan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *